UGM BERKABUNG, Siapakah Prof. Dr. Agus Dwiyanto, SU., MPA.?

UGM BERKABUNG, Siapakah Prof. Dr. Agus Dwiyanto, SU., MPA.?
UGM BERKABUNG, Siapakah Prof. Dr. Agus Dwiyanto, SU., MPA.?

Guru Besar UGM yang juga mantan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Prof. Dr. Agus Dwiyanto, SU., MPA., meninggal dunia pada hari Jumat (10/3) di RS Sardjito pukul 08.27 WIB. Pakar kependudukan dan kebijkan publik dari Fisipol UGM ini meninggal dunia pada usia 61 tahun 9 bulan, meninggalkan satu orang istri dan tiga orang anak.
Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Dr. Sofian Effendi, MPIA., mengungkapkan rasa kehilangan atas berpulangnya Agus Dwiyanto yang menurutnya sebagai sahabat dekat sekaligus kolega yang selama ini menjadi salah satu tokoh pemikir di bidang reformasi birokrasi di Indonesia. “Beliau ini salah satu tokoh pemikir yang mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi,” kata Sofian Effensi saat ditemui usai upacara penghormatan terakhir almarhum Agus Dwiyanto di Balairung UGM.
Tidak hanya di bidang reformasi birokrasi, semasa menjadi kepala LAN periode 2012-2015, menurut Sofian, almarhum berhasil membangun sistem pengembngan calon birokrat profesional. “Ia berhasil melakukan pengembangan sistem pengembangan calon eksekutif baru,” paparnya.
Di samping itu, tambah Sofian, almarhum dalam lima tahun terakhir ikut serta menginisisasi lahirnya UU Aparatur Sipil Negara (ASN). “Beliau salah satu inisiator dan terlibat dalam tahapan awal pelaksanaan UU ASN,” katanya.
Ketua  Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Prof. Dr. Ir. Putu Sudira, M.Sc., menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya salah satu anggota DGB UGM. “UGM sekali lagi kehilangnan salah satu putera terbaiknya yang memberikan dharma baktinya bagi bangsa,” katanya.
Dikatakan Putu, semasa hidupnya almarhum dikenal sangat teliti dan suka mendorong orang lain untuk selalu berpikir dinamis dan inovatif. “Semoga keteladanan almarhum dapat diikuti oleh kita semua,” katanya.
Dalam daftar riwayat hidup yang dibacakan oleh Dekan Fisipol UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto, diketahui almarhum Agus Dwiyanto setelah menjabat Kepala LAN, sempat menjadi Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) pada tahun 2016. Di UGM, semasa menjadi dosen, Agus Dwiyanto pernah menjadi Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara 1992-1999, Kepala Pusat Penelitian Kependudukan UGM tahun 1994-1997, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Usaha UGM 2002-2007.
Riwayat pendidikan, Agus Dwiyanto menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Adminsitrasi Negara Fisipol UGM tahun 1980. Gelar Master dan Doktor bidang adminsitrasi publik diraih di University of Southern California, Amerika Serikat tahun 1990. (Humas UGM/Gusti Grehenson)
Sumber: www.ugm.ac.id

Komentar

Postingan Populer